Berita dan Informasi

Diskominfosandi- Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Master Plan Smart City Halmahera Utara resmi ditutup, Jumat (19/11/12021). Rangkaian penutupan diakhiri dengan penandatanganan komitmen dukungan Smart City oleh seluruh kepala OPD di Lingkup Pemkab Halut .


Bimtek penyusunan Masterplan kota cerdas Smart City Kabupaten Halmahera Utara, telah dilaksanakan 4 tahap . Bimtek tahap I dilaksanakan pada 1 s/d 2 September 2021 , Bimtek tahap II, 27 s/d 28 September 2021 , Bimtek tahap III 21 s/d 22 Oktober 2021 dan Bimtek tahap IV 18 s/d 19 November 2021 , Selaku nara sumber dalam kegiatan tersebut yakni Heri Sutrisno , Listyo Dwi Harsono , Tri Widarmanti yang merupakan tim konsultan atau tenaga ahli dari Kementrian Kominfo RI.


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dan Persandian Halmahera Utara, Drs.Deky Tawaris MM menuturkan, ada empat dokumen yang akan menjadi dasar atau pedoman dalam melaksanakan Smart City di Kab. Halmahera Utara adalah , buku analisis strategi, buku program kerja kota cerdas, Quickwin, dan buku program kolaborasi kawasan wisata kabupaten yaitu Kab.Pulau Morotai, Kab.Halmahera Utara, Kab.Halmahera Tengah, Kab.Halmahera Timur.


"Tahun depan nanti ada evaluasi oleh Presiden dan juga kementrian Kominfo setelah kita berjalan mempedomani dokumen ini," ucap deky.


Sementara untuk tindak lanjutnya, Deky menjelaskan, akan ada penadatangan MOU oleh empat kepala derah yaitu Kab.Pulau Morotai, Kab.Halmahera Utara, Kab.Halmahera Tengah, Kab.Halmahera Timur yang akan di gelar pada 29-30 November 2021 di Kota Ternate, dan juga akan dilakukan penandatangan mou oleh Bupati dan Walikota Se Indonesia untuk 100 Kabupaten/Kota Smart City di jakarta pada 19 Desember nanti.


Deky juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Presiden Indonesia dan juga Menteri Kominfo serta para tim konsultan dan Fasilitator Smart City , Para pimpinan OPD lingkup Pemkab Halut, Para Camat dan Kepala Desa serta para peserta bimtek yang telah bersama sama mencurahkan pikiran,kemampuan dan tenaga untuk menyempurnakan dokumen yang telah kita siapkan.


Sementara itu, Pada kesempatan lain , Heri Sutrisno selaku Tim Ahli/Konsultan penyusunan Masterplan Smart City Kab. Halut, mengapresiasi seluruh peserta bimtek yang telah mengikuti mulai tahap pertama bimtek dilaksanakan sampai dengan penutupan.


"Melihat semangat bapak/ibu semua untuk menyelesaikan kegiatan ini, telah menggambarkan bahwa ada harapan positif halmahera utara menjadi kita cerdas nantinya", katanya.
Heri berharap, agar buku yang nantinya disusun ini akan menjadi acuan dan pedoman kita bersama dalam mengikuti program pembangunan halmahera utara menuju kota cerdas.
Mewakili Bupati Halmahera Utara, Asisten 3 Bidang Pekonomian dan Pembangunan Yudihart Noya dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi mewakili pemerintah daerah kepada tim ahli/konsultan penyusunan masterplan smart city yang telah hadir dan berbagi pengatahuan bersama untuk mengembangkan daerah ini kedepanya menuju kota cerdas .


" Kami Pemerintah Daerah punya komitmen bahwa Halmahera Utara ini akan menjadi Kota Cerdas ," ucapnya.


Penyusunan masterplan smart city Kabupaten Halmahera Utara merupakan hasil kerja sama dengan Kementerian Kominfo berdasarkan hasil assessment gerakan menuju smart city dan ditindaklanjuti dengan penandatangan nota kesepahaman antar Ditjen Aplikasi Informatika dengan Pemkab Halmahera Utara di Kawasan Pariwisata Kabupaten Halmahera Utara pada kawasan Prioritas Nasional Morotai oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, pada 20 juli 2021 yang lalu secara virtual.


Acara penutupan Bimtek Smart City diakhiri dengan penandatanganan seluruh kepala OPD yang disaksikan langsung oleh Asisten 3 Bidang Pekonomian dan Pembangunan Yudihart Noya.

Bagikan