Berita dan Informasi

Pesawat angkut Herkules type CN-295 milik TNI Angkatan Udara (AU) melakukan uji coba pendaratan di Bandara Udara Koabang Kao Kabupaten Halmahera Utara pada hari ini, Senin 08 Februari 2021.

Pesawat Angkut Herkules type CN-295 milik TNI AU pada pukul 11.00 Wit siang tadi mendarat dengan aman tanpa ada kendala sedikit pun di bandara Koabang Kao, walaupun keadaan cuaca siang tadi agak sedikit mendung, kehadiran pesawat tersebut disambut langsung oleh Bupati Halmahera Utara bersama dengan Forkompimda Halmahera Utara dan Sekretaris Daerah Yudhihart Noija, S.Si, MH Kabupaten Halmahera Utara. Maksud dan tujuan kedatangan pesawat Hercules ini adalah untuk melakukan uji coba pendaratan di Bandara Koabang Kao karena hal ini merupakan rencana kontigensi jika terjadi sesuatu di Wilayah Kabupaten Halmahera Utara, apabila ketika ada bencana bisa dilakukan penanganan cepat baik evakuasi dan untuk memenuhi kebutuhan logistik.

Dalam sambutannya Bupati Halmahera Utara Ir. Frans Manery menyampaikan “ Pendaratan uji coba pesawat Herkules type CN-295 milik TNI AU di bandara Koabang Kao hari ini merupakan sejarah baru dalam dunia penerbangan yang ada di wilayah Kabupaten Halmahera Utara, Bandara Koabang Kao merupakan bandara kebanggaan masyarakat Halmahera Utara, tetapi sungguh sangat disayangkan dengan adanya wabah pandemik Covid-19 yang terjadi saat ini, dengan terpaksa aktivitas penerbangan dihentikan sementara. Sambungnya lagi dengan diadakannya uji coba pendaratan pesawat milik TNI AU hari ini dapat menjadi sarana kebangkitan bandara koabang kao yang sementara tertidur ini, semoga dengan dibukanya penerbangan pesawat Hercules di bandara kao dapat membuka jalur transportasi baru dari wilayah Halmahera Utara ke Wilayah-wilayah lain dan dapat meningkatkan ekonomi kita. Untuk itu atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada pihak TNI AU semoga kerjasama ini bisa kita tingkatkan kedepannya nanti. Tutup Bupati”

Diharapkan kedepannya nanti pesawat tersebut tidak hanya digunakan dalam keadaan darurat saja atau terjadinya bencana alam, melainkan dapat dijadikan sebagai pesawat komersil yang akan membantu ekonomi masyarakat Halmahera Utara pada umumnya.
Acara penyambutan ini diakhiri dengan penyerahan cendera mata oleh Bupati Halmahera Utara kepada Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) TNI AU Leo Watimena Morotai Maluku Utara, Kolonel Pnb Adi Setio Nugroho dan kepada Kapten Pilot pesawat Herkules Aditio. Turut hadir pada acara tersebut Sekretaris Provinsi Maluku Utara, Ketua Komisi I DPRD Prov. Malut bersama anggota, Kepala Bandara Koabang Kao dan Forkompimda Kab. Halut. (Humas)

Bagikan